SEKILAS TENTANG KAMI

Profil Kelompok Ilmiah Mahasiswa IKIP PGRI Madiun

Latar Belakang
Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap kecendekiawanan. Sikap tersebut meliputi sikap sebagai  penemu, pemadu, penerap, serta sebagai pengembang IPTEKS. Untuk itu, mahasiswa yang merupakan salah satu kelompok masyarakat ilmiah harus mempunyai ciri kehidupan akademis yang dinamis. Kedinamisan hidup mahasiswa terefleksi dalam perilaku dan pola pikir yang kritis, kreatif, inovatif, serta produktif terhadap fenomena kehidupan kampus dan lingkungan di  sekitarnya. Perilaku dan pola pikir tersebut diapresiasikan dalam bentuk  kegiatan ilmiah, sehingga kegiatan itu perlu untuk dibina, dikembangkan, serta dilejitkan agar mahasiswa mempunyai potensi akademik yang unggul dan handal sehingga mampu dan siap untuk berkompetisi di masyarakat. Kualitas kegiatan ilmiah mahasiswa harus ditingkatan secara optimal dan terus-menerus sehingga perlu memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Berdasarkan hal ini, upaya dan langkah nyata dalam bentuk pengayaan  wawasan ilmiah, kontinuitas pembinaan budaya akademik, peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan, serta komitmen berkarya dan berprestasi ilmiah perlu disadari dan dilakukan oleh semua pihak.
Departemen RISTEK merupakan departemen dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)  IKIP PGRI Madiun yang bertujuan 1) Menumbuhkan budaya akademik dan ilmiah di lingkungan kampus IKIP PGRI Madiun serta untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi 2) Memberikan wadah bagi penyaluran minat dan bakat mahasiswa IKIP PGRI Madiun dalam bidang keilmiahan, 3) Mengedepankan IT teknologi digital dan pemikiran mahasiswa yg dituangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa serta penulisan-penulisan ilmiah yang dapat menginspirasi para mahasiswa sehingga  mampu menjadi motivator di lingkungan akademik kampus dan mayarakat. Diharapkan dengan adanya kelompok ilmiah mahasiswa IKIP PGRI Madiun mampu menjadi calon tenaga pendidik yang berkualitas dan selalu berpikir kritis, maju, serta mengedepankan penalaran ilmiah untuk manjadi calon calon tenaga pendidik yang terus berjuang, tahan uji, dan penuh pengabdian.

Tujuan:
  • 1.   Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan terhadap permasalahan sesuai dengan kompetensinya.
  • 2.    Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan inovatif dalam peningkatan daya saing bangsa.
  • 3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian serta mempublikasikan dalam forum ilmiah tingkat nasional dan internasional.
  • 4.    Menerapkan hasil penelitian dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.


Manfaat:
  1. Mengembangkan softskill mahasiswa dalam akademik pendidikan tinggi
  2. Membangkitkan rasa keingintahuan terhadap fenomena alam yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan kemampuan berpikir terhadap fenomena-fenomena alam, sehingga semakin menyadari akan keberadaanya sebagai karya ciptaan Yang Maha Kuasa.
  4. Meningkatkan kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
  5. Menambah wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Meningkatkan keterampilan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Meningkatkan minat membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi.
  8. Memperluas wawasan dan kemampuan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat, dan presentasi ilmiah.

Berbagai kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh Kelompok Ilmiah Mahasiswa, yang bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran dalam gejala alam yang ditemui dalam dengan kepekaan yang tinggi berdasarkan metode yang sistematis, objektif, rasional, dan berprosedur. Sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan kompetensi pengembangan diri dalam kehidupan. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Ilmiah Mahasiswa IKIP PGRI Madiun adalah:

  1. Pertemuan rutin untuk pembahasan konsep metodologi penelitian.
  2. Menghasilkan karya penelitian/program kreativitas mahasiswa
  3. Mempublikasikan hasil penelitian pada forum ilmiah
  4. Mengimplementasikan hasil penelitian/program kreativitas mahasiswa dalam upaya pemberdayaan masyarakat








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juara Lomba REKTOR CUP LKTIN Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat Tahun 2017 KIM Cendekia

lomba poster